Rabu, 24 September 2014

Tips Mendapatkan IP (Indeks Prestasi) yang Tinggi

Apakah anda selama ini menginginkan mendapatkan IP yang tinggi?? Ya,memang normalnya mahasiswa selalu ingin mendapatkan IP yang tinggi dan tentunya harus disertai kemampuan yang bagus juga. Jangan sampai kita hanya menginginkan IP tinggi namun itu IP yang tidak mencerminkan kemampuan kita. Namun apakah mendapatkan IP yang tinggi itu sulit? Tentunya jawabannya akan bervariasi. Nah,apabila kita ingin mendapatkan IP yang bagus,tidak ada salahnya mencoba tips berikut:

Mantapkan niat dalam hati terlebih dahulu. Niat kita kuliah untuk apa sih? Tentunya kita mencari pengetahuan dll. Sehingga hati kita harus mantap dan serius untuk menjalani semua aktivitas yang berhubungan dengan kuliah kita.

Belajar. Hal ini sangat mendasar sekali,dan memang sudah menjadi kewajiban. Namun belajar jangan diidentikkan dengan hanya duduk dan membaca buku. Kita bisa saja belajar menggunakan media/cara lain,contohnya dari internet,dll. Kalau kita memiliki smartphone,itu sangat membantu sekali untuk alternatif media belajar yang tidak membosankan. Karena smartphone yang kita punya bisa untuk mencari materi di internet dan bisa juga digunakan untuk membuka file dengan berbagai format.

Rajin mengikuti kuliah. Tentunya kriteria penilaian tidak hanya dari nilai ujian,namun juga keaktifan mahasiswa. Sehingga kita harus rajin masuk kuliah,kalaupun harus tidak masuk,usahakan membuat surat.

Kerjakan dan kumpulkan tugas tepat waktu dan usahakan benar. Kalau kita mengerjakan tugas,maka kita bisa sekalian belajar dan bisa membantu ketika kita ujian.

Rajin bertanya dan berpendapat di dalam kelas. Mayoritas dosen menginginkan mahasiswanya aktif dan mengerti materi yang dibahas dikelas. Tidak jarang para dosen memberi nilai tambah kepada mahasiswa yang aktif seperti ini.

Perbanyaklah teman dekat. Tentunya banyak sekali keuntungan apabila kita memiliki banyak teman dekat,salah satunya untuk mendukung kegiatan kita belajar. Namun pengertian teman disini dalam konteks teman yang positif dan memiliki semangat belajar yang tinggi.

Berdoa dan berserah. Hal ini sangat penting sekali,kita wajib berusaha,namun urusan hasil tentunya kita memerlukan ridho dari Tuhan. Sehingga dalam niat kita mendapatkan IP yang tinggi kita harus berdoa dan menyerahkan segala hasil atas usaha kita kepada Tuhan yang maha segalanya.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar